Percetakan sablon dengan peralatan seadanya

Cara belajar sablon manual menggunakan peralatan sederhana tetapi dengan hasil sablon tetap bagus. Beberapa peralatan alternatif dijelaskan pada artikel ini. Peralatan sablon standar bisa diganti dengan peralatan lainnya agar lebih ekonomis sehingga apabila ingin membuka usaha sablon bisa dengan modal usaha lebih murah.

Peralatan apa saja yg bisa diganti dalan usaha Percetakan sablon dengan peralatan seadanya lebih murah atau lebih hemat ?. Beberapa contoh di bawah ini dapat dijadikan pertimbangan untuk usaha sablon pemula.

Beberapa peralatan pengganti

Film sablon bisa diganti dengan print di kalkir bahkan bisa di kertas HVS putih kemudian diolesi minyak goreng bersih.

Rakel bisa diganti dengan limbah spon atau eva bagian pinggiiran. Kenapa garus bagian pinggir, karena biasanya spon bagian pinggir berbentuk lancip dan keras.

Meja afdruk bisa diganti dengan penyinaran matahari, jadi tidak perlu membuat atau membeli meja sablon. Untuk cara afdruk dengan penyinaran matahari ini diperlukan pengalaman karena waktu penyinaran pada kondisi terik matahari dengan kondisi berawan berbeda kebutuhan waktunya.

Meja sablon bisa diganti dengan triplek tebal 10 mm atau lebih kemudian dipasang engsel atau catok sablon. Untuk sablon hanya satu warna malah bisa tanpa meja sablon atau tripek. Pengaturan posisi sablon nanti diberi tanda pada screennya.

Coater yaitu alat untuk mengoles dan meratakan obat afdruk bisa diganti dengan menggunakan bekas kartu ID Card atau sejenisnya.

Spon untuk proses afdruk bisa diganti dengan tumpukan kertas atau buku kemudian bagian paling atas dilapisi dengan kain berwarna gelap.

Setelah menjalankan usaha Percetakan sablon dengan peralatan seadanya nantinya akan muncul ide2 baru untuk mempercepat proses, menghemat biaya produksi, atau ide2 lainnya tentang oercetakan dengan teknik sablon ini.

Sementara ini dulu yg dapat penulis sajikan pada usaha Percetakan sablon dengan peralatan seadanya. Mudah2 penulis bisa menemukan ide2 lainnya untuk efektifitas dan efisiensinya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel usaha Percetakan sablon dengan peralatan seadanya ini.

Jangan ketinggalan, baca juga :  Buku katalog produk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.