Percetakan buku

Produk cetakan jenis buku adalah kumpulan produk cetakan berbentuk lembaran dikumpulkan dan dijadikan satu atau dibukukan. Berdasarkan jenis proses finishingnya Percetakan buku terdiri dari bermacam – macam pula antara lain seperti gambar di bawah ini :

Jenis jenis cara pembukuan atau penjilidan : Coil Binding yaitu penjilidan dengan spiral, dapat menggunakan spiral plastik atau menggunakan spiral kawat, tape binding adalah penjilidan dengan menggunakan elastis tape atau dengan dengan cara saddle stich binding (menggunakan stapler).

 

Bentuk bahan spiral plastik.

Bentuk bahan spiral kawat.

 

Selain cara penjilidan pada gambar diatas masih banyak cara penjilidan pada Percetakan buku seperti hot binding / perfect binding, penjilidan dengan jahit benang, penjilidan dengan benang (tidak dijahit) biasanya dipakai untuk penjilidan pada buku-buku tebal dll.

Penjilidan dengan menggunakan plastik spriral biasa digunakan Percetakan buku untuk buku-buku makalah training, laporan bulanan perusahaan, laporan tahunan perusahaan, laporan tahunan koperasi, laporan-laporan di pemerintahan dll.

Penjilidan dengan menggunakan tape binding Percetakan buku biasa digunakan untuk penjilidan laporan bulanan departemen atau bagian pada sebuah perusahaan, kliping para pelajar dll.

Penjilidan dengan cara saddle stich binding (menggunakan stapler) paling banyak dipakai di masyarakat seperti pada buku tulis, buku-buku pelajaran sekolah, majalah-majalah, tabloit, lembar kerja sekolah atau LKS dll.

Jangan ketinggalan, baca juga :  Pengenalan Continuous Form