Pengenalan Continuous Form

Pengenalan Continuous Form

Continuous Form

Berasal dari kata CONTINUOUS berarti saling menyambung atau bersambung dan FORM berarti formulir. Pengertian dua kata tersebut setelah digabung mempunyai makna Formulir atau kertas saling menyambung antara lembar sebelumnya dengan lembar berikutnya.

Continuous form ini jenis kertasnya terbatas, umumnya hanya kertas NCR atau HVS. Berbeda dengan ceakan offset printing, kertasnya bisa lebih beragam, selain kertas yang dipakai pada continuous form banyak lagi kertas lainnya seperti, karton BC, art carton, art paper, jasmine, concorde, linen, matt paper, dll.

Pengenalan Continuous Form Contoh Continuous Form

Kertas Continuous For dengan bahan NCR (Non Carbon Required) adalah continuous form dengan jumlah rangkap lebih dari 1 (satu). Disebut NCR karena meskipun tanpa kertas karbon sudah tulisan rangkap pertama sudah dapat menembus ke rangkap berikutnya (tentunya harus menggunakan printer dengan pemukul jarum atau biasa disebut printer dot matrix.

Secara umum continuous form jenis ini juga disebut multiply (banyak rangkap), pada tenologi terdahulu jenis kertas ini masih enggunakan karbon sehingga tidak bisa disebut kertas NCR.

Jangan ketinggalan, baca juga :  Cara membuat kartu undangan hard cover