Metode kerja Percetakan

Dengan metode kerja terencana dimonitor secara periodik serta pemantauan proses mulai dari bahan dasar hingga packing akan menghasilkan produk dengan kualitas baik sesuai permintaan pelanggan.

Di bawah ini penjelaskan metode kerja dalam lingkup percetakan Rijick Cipta.

1. Terima Pesanan

Menerima Purchase Order Atau pesanan dari customer. Dari permintaan customer dicatat dan dimonitor berdasarkan customer, delivery date, product name dll.

2. Penempatan mesin cetak

Berdasarkan catatan informasi diatas dilakukan pemilihan penempatan mesin sesuai dengan spesifikasi permintaan customer. Penempatan proses percetakan dipertimbangkan berdasarkan jenis produk cetakan baik dari jenis material, proses pewarnaan (warna solid, gradasi atau separasi.

Melakukan trial product dengan menggunakan kertas scrap, untuk menguragi reject cost yang dibebankan terhadap harga produk. Trial test dilakukan dengan acuan data informasi dan spesifikasi dari customer.

3. Proses Produksi

Setelah hasil trial product lulus inspeksi barulah dilakukan proses produksi. Setiap pertama proses produksi dilakukan inspeksi setiap hasil cetak sampai dengan minimal 20 cetakan.

Jika setelah 20 cetakan hasil proses produksi sesuai dengan spesifikasi, maka proses produksi dapat dilanjutkan. Akan tetapi apabila hasil proses produksi belum sesuai dengan spesifikasi, dilakukan setting ulang mesin.

4. Finishing dan packaging

Hasil prosuksi yang telah lulus inspeksi dilakukan finishing sesuai dengan spesifikasi yang diminta untuk kemudian dilakukan pengepakan sesuai standar packing.

5. Pengiriman Barang

Setelah proses packing kemudian diberikan identifikasi produk dan dicatat jumlahnya untuk kemudian dipersiapkan dokumen pengiriman.

Pengiriman barang dilakukan berdasarkan delivery order permintaan customer.