Menggambar Logo K3 dengan Corel Draw

Cara menggambar logo K3

Sebelum menggambar logo K3 dengan Corel Draw mari kita menambah pengetahuan tentang K3. Definisi K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012.

Pengertian keselamatan dan kesehatan kerja atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan  melindungi  keselamatan  dan  kesehatan  tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja  mencakup ruang lingkup kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu.  ( OHSAS 18001-2007 ).

Disamping itu, tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan resiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi sehingga dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Perlindungan K3 yang efektif dan efisien dapat mendorong produktivitas jika di laksanakan dan di terapkan melalui sistem manajemen K3 sebagaimana amanat pasal 83 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerja

Contoh gambar logo K3

Palang dilingkari roda bergigi sebelas berwarna hijau di atas warna dasar putih.

– Palang berarti bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja ( PAK ).
– Roda Gigi berarti bekerja dengan kesegaran jasmani dan rohani.
– Warna Putih berarti bersih dan suci.
– Warna Hijau berarti selamat, sehat dan sejahtera.
– Sebelas gerigi roda berarti sebelas bab dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Mencari contoh logo K3

Setelah mengetahui tentang logo K3, baiklah sekarang saya mulai menjelasakan bagaimana cara Menggambar Logo K3 dengan Corel Draw. Dalam artikel ini penulis menggunakan program Corel Draw versi 17 atau Corel X7.

Untuk mencari bentuk logo K3 bisa browsing di internet contoh dari logo K3 dengan kata kunci “logo K3” kemudian klik gambar. Maka akan tampil berbagai macam logo K3 dari berbagi postingan.  

Menggambar logo K3

Dari gambar terpilih, klik kanan pada gambar tersebut kemudian buka pada jendela atau tab baru maka akan tampil gambar terpilih lebih besar dari gambar lainnya. Klik kanan pada gambar tersebut kemudian klik salin gambar atau bisa juga simpan gambar ke komputer.

Buka program Corel Draw untuk menggambar logo K3 kemudian buat halaman baru. Selanjutnya menempelkan contoh gambar logo K3 ke halaman Corel Draw, caranya :

Untuk hasil “salin gambar” dari browsing, caranya tinggal paste pada halaman Corel Draw.

Untuk hasil “simpan gambar”, caranya : cari gambar tersimpan kemudian tarik ke halaman  Corel Draw.

Setelah gambar logo K3 berada di halaman Corel Draw, letakkan di tengah – tengah halaman dengan cara tekan tombol “p”.

Sekarang saatnya untuk menggambar logo K3 dengan Corel Draw. Cara kali ini mulai menggambar dari bagian tengah dulu yaitu gambar palang.

Gambar palang berdiri atau vertikal mengikuti gambar contoh.

Cara menggambar logo K3 dengan Corel Draw
Cara menggambar logo K3 dengan Corel Draw

Menggambar palang

Gambar palang mendatar atau horizontal. Supaya sama tidak perlu menggambar ulang melainkan dengan copy paste dari gambar palang vertikal.

Cara pertama, klik pada gambar kotak vertikal kemudian copy ( pilih menu “edit – copy” atau tekan tombol “Ctrl+c ) kemudian pilih menu “edit – paste atau tekan tombol Ctrl+v ) kemudian putar atau rotate 90 derajat. Dan gambar kotak  horizontal sudah jadi.

Cara kedua, klik pada gambar kotak vertikal kemudian klik lagi sampau tampil tanda bahwa object bisa diputar. Tekan tombol “shift” dan tahan sambil memutar objek kotak vertikan menjadi horizontal, setelah posisi tepat kemudian klik kanan dan lepas tombol “shift”. Dan gambar kotak horizontal sudah jadi.

Jangan ketinggalan, baca juga :  Membuat Kartu Nama Sendiri

Pilih gambar kotak vertikal dan kotak horizontal kemudian klik icon weld, maka gambar kotak vertikal akan menyatu dengan gambar kotak horizontal.

Menggambar lingkaran logo K3
Icon untuk menggambar lingkaran, kotak dan mengubah ukuran

Dan gambar palang sudah jadi, selanjutnya Cara Menggambar Logo K3 dengan Corel Draw adalah menggambar lingkaran di tengah mengikuti gambar contoh dari internet.

Menggambar lingkaran dan gergigi

Buat gambar lingkaran mengikuti gambar contoh dari internet kemudian sesuaikan ukuran horizontal dan vertikalnya sama, contoh dalam video ini  https://www.youtube.com/watch?v=YsZdFKxhTdA  horizontal = 45,5 mm dan vertikal = 45,5 mm.

Menggambar logo K3 penggabungan beberapa bambar
Icon untuk menggabungkan, menyatukan, memisahkan gambar

Copy paste Menjadi 4 gambar lingkaran, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Gabungkan atau combine lingkaran paling dalam no. 4 dengan lingkaran no. 2 dengan cara : klik lingkaran no.4, tekan dan tahan tombol “shift” kemudian pilih lingkaran no. 2. Selanjutnya tekan tombol “Ctrl+L” untuk menggabungkan atau combine, kemudian beri warna berbeda tujuannya supaya terlihat bahwa kedua gambar lingkaran tersebut sudah tergabung.

Gambar kotak persegi pada salah satu gergigi, sesuaikan bentuknya mengikuti contoh gambar dari internet dengan cara : klik gambar kotak, convert tu curve ( tombol Ctrl+q ) kemudian sudut kiri bawah geser kekiri dan sudut kanan bawah geser ke kanan sampai posisinya sesuai contoh gambar dari internet.

Klik pada gambar kotak dan “shift+klik” pada gambar lingkaran kemudian tekan tombol “c” untuk memposisikan supaya rata tengah dengan gambar lingkaran.

Klik lagi pada gambar kotak dan akan kelihatan tanda lingkaran kecil pada tengah gambar kotak kemudian geser ke bawah sampai titik tengah gambar palang, ditandai dengan tampilnya tulisan “center”.

Hasilnya tidak sama dengan gambar contoh dari internet, tetapi tidak masalah karena pengaturan rata tengah di Corel Draw pasti lebih tepat, jadi abaikan jika tidak pas dengan gambar contoh.

Sebuah lingkaran mempunyai sudut 360 derajat dan gambar contoh memunyai 11 gerigi, jadi untuk menghitung dengan tepat gunakan program microsoft excel.

Hitung menggunakan proram excel 360/11 kemudian hasilnya dicopy paste pada proses transform di Corel Draw kemudian klik “Apply” maka 11 gergigi secara otomatis tercopy melingkar seperti pada contoh gambar.

Pilih 11 gergigi, gabungkan dengan cara tekan tombol “Ctrl+L”. Setelah tergabung klik gambar gergigi dan “Shift+klik” gambar lingkaran paling luar kemudian klik icon “Intersect” untuk memisahkan gambar gergigi terpakai dan tidak terpakai.

Pilih gergigi paling luar ( tidak terpakai ) dan gambar lingkaran paling luar kemudian hapus atau delete.

Pilih gambar gergigi dan lingkaran dalam ( sudah diberi warna berbeda pada penjelasan di atas ) kemudian tekan icon “Weld” untuk menyatukan keduanya.

Klik gambar palang dan “Shift+klik” gambar gergigi kemudian tekan tombol “c” untuk rata tengah horizontal dan tekan tombol “e” untuk rata tengah vertikal. Berikan warna FILL hijau dan garis luar NONE.

Apabila sudah yakin, simpan hasil gambar dari cara Menggambar Logo K3 dengan Corel Draw pada komputer. Selain menyimpan bisa juga di “save as” ke format lainnya seperti : jpg, pdf, png atau format vectorl lainnya.

Terima kasih telah berkunjung membaca dan mempraktekkan artikel ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk banyak orang . Jika ada kritik dan saran, silahkan mengisi di kolom tersedia paling bawah.

2 komentar pada “Menggambar Logo K3 dengan Corel Draw

  • 13 Oktober 2022 pada 7:39 am
    Permalink

    Sangat membantu sekali bang artikelnya sungguh luar biasa

    Balas
    • 27 Oktober 2022 pada 9:11 pm
      Permalink

      Semoga bermanfaat untuk belajar desain dengan Corel Draw

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.