Cara Setting ukuran kertas di Printer secara permanen

Pada artikel kali ini saya contohkan setting ukuran kertas Folio atau F4 karena pentingnya mengetahui cara setting ukuran kertas di printer secara permanen sangat berguna untuk mempercepat proses kerja terutama saat pencetakan dan juga dapat menghemat waktu karena setting ukuran kertas printer sudah diatur sedemikian rupa sehingga tinggal memakai atau memilih jadi tidak perlu banyak melakukan pengaturan pengaturan lainnya.

Daftar isi

Ukuran kertas paling sering dipakai

Setting printer dengan ukuran kertas F4

Spesifikasi kertas

Cara Setting Ukuran Kertas di Printer

  1. Masuk ke menu Devices and Printer
  2. Printer Properties
  3. Masukkan ukuran kertas di printer
  4. Cek menggunakan Aplikasi Microsoft Word atau lainnya
  5. Cetak Dokumen Ukuran Kertas Hasil Setting

Ukuran kertas paling sering dipakai

Sering kita jumpai di tempat kerja, di kantor, di sekolah atau di toko alat tulis kantor dan tempat foto copy. Kertas paling sering dipakai ada 2 ukuran yaitu A4 dan F4.

Untuk kebutuhan sekolah, departemen pemerintahan, kantor kecamatan, kantor desa sering menggunakan kertas ukuran F4 atau biasa juga disebut kertas ukuran Folio. Sedangkan untuk perusahaan – perusahaan mayoritas menggunakan ukuran kertas A4.

Setiap akan melakukan pencetakan dokumen, baik itu dari software microsoft word, microsoft excel, atau software lainnya termasuk software desain umumnya akan menanyakan jenis printer, ukuran kertas dan opsi – opsi lainnya.

Setting printer dengan ukuran kertas F4

Sebelum melakukan setting ukuran kertas Folio atau F4 di Printer, pastikan dulu bahwa ukuran kertas paling sering dipakai adalah ukuran tersebut. Begitu pula dengan opsi – opsi lainnya perlu dicatat untuk melakukan setting ukuran kertas di printer.

||  Cara Membuat ID Card dengan Microsoft Word

Setelah yakin kalau kertas paling sering dipakai adalah A4 maka tidak perlu dilakukan setting printer secara khusus karena secara default biasanya printer sudah disetting pada ukuran kertas A4.

Namun apabila kertas paling sering dipakai adalah F4 maka perlu dilakukan setting printer secara permanen supaya ketikan akan mencetak ukuran F4 sudah ada dalam list ukuran kertas.

Spesifikasi kertas

Ukuran kertas paling sering dijumpai di toko – toko kertas atau toko – toko foto copy ada 2 macam yaitu A4 dan F4. Spesifikasi kertas dapat dilihat pada pembungkusnya, biasanya tertulis merek, type, ukuran dan gramatur.

Type kertas penulis maksud adalah istilah untuk ukuran terntentu, misalnya ukuran 210 X 297 mm adalah ukuran untuk type kertas A4. Sedangkan ukuran 215 X 330 mm adalah type kertas F4 juga sering disebut dengan kertas ukuran Folio.

Selain type dan ukuran kertas, pada pembungkus juga biasanya tercantum gramatur kertas yaitu istilah untuk menyebutkan berat kertas per lembar dengan luas 1 meter persegi seperti 60 gram, 70 gram, 80 gram, dll.

Cara Setting Ukuran Kertas di Printer

Pengguna yang ingin mencetak dengan ukuran kertas yang tidak terdapat pada pilihan menu pada printer properties, perlu mengaturnya secara kustom terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku ketika pengguna ingin mencetak desain grafis dengan program desain lainnya.

Cara setting ukuran kertas Folio atau F4 di printer secara permanen bisa dilakukan pada menu Setting perangkat komputer. Pada perangkat dengan sistem operasi Windows, cara setting kustom kertas bisa diatur pada menu Devices and Printer.

||  Sejarah komputer dengan tabung vakum

Dengan melakukan konfigurasi pada menu tersebut, ukuran kertas yang telah disetting bisa muncul otomatis pada program Microsoft Word atau program lainnya yang terinstal.

Ukuran kertas dapat ketahui atau dibaca pada pembungkus kertas tersebut, biasanya dalam satuan mm. Kalaupun tidak mau menggunakan ukuran kertas yang tertera pada pembungkusnya, dapat dilakukan juga dengan melakukan pengukuran secara manual dengan penggaris.

Setelah ukuran kertas dan opsi lainnya sudah dicatat untuk melakukan setting, langkah selanjutnya adalah memulai pengaturan atau setting dengan cara :

1. Masuk ke menu Devices and Printer

Buka aplikaci Control Panel dengan cara klik icon search berbentuk kaca pembesar (berada pada sebelah kanan icon windows atau task bar) kemudian ketikkan Control Panel maka akan tampil list aplikasi sesuai hasil pencarian selanjutnya klik aplikasi tersebut.

Setelah masuk ke aplikasi Contol Panel, maka akan tampil banyak pilihan. Pilih pada Device and Printer kemudian klik pada bagian tersebut. Selanjutnya pilih nama printer yang akan disetting kemudian tekan tombol ENTER atau dengan klik 2x menggunakan mouse.

2. Klik opsi Printer Properties

Setelah nama printer dipilih akan tampil menu-menu selanjutnya pilih Printer Properties atau Printing Preferences, maka akan tampil banyak opsi antara lain ukuran kertas atau Document Size, Orientation, Paper Type, dll.

3. Masukkan ukuran kertas di printer

Pada jendela kolom Document Size, pilih User-Defined. Pada pilihan Unit, pilih mm.

Ganti angka pada kolom Paper Width menjadi 215 mm dan Paper High menjadi 330 mm

||  Memanfaatkan Komputer secara Maksimal

Ganti tulisan User-Defined menjadi Folio atau F4 kemudian klik Save selanjutnya klik button OK, kemudian Close.

Maka hasil setting ukuran kertas di printer dengan nama Folio atau F4 sudah masuk ke dalam daftar list Document Size.

4. Cek menggunakan Aplikasi Microsoft Word atau lainnya

Sekarang buka aplikasi Microsoft Word atau lainnya untuk melihat ukuran kertas hasil setting.

Klik menu Page Layout atau Page Setup kemudian perhatikan dan cari ke bawah maka akan ditemukan ukuran kertas Folio atau F4 hasil setting di atas.

5. Cetak Dokumen Ukuran Kertas Hasil Setting

Buka software Microsoft Word atau lainnya kemudian buka file tersimpan sebelumnya misalnya file logo perusahaan, atau membuat file baru.

Caranya klik menu File kemudian pilih Print atau dengan menekan tombol keyboard Ctrl+P secara bersamaan. Maka akan tampil menu untuk proses pencetakan atau Print.

Pilih button Printer Properties kemudian pada kolom Document Size cari dan pilih Folio atau F4 (hasil Setting Ukuran Kertas di Printer di atas kemudian atur opsi lainnya.

Setelah yakin semua opsi diisi dengan benar, kemudian pasang kertas ukuran Folio atau F4 ke printer dan tekan tombol print. Perhatikan hasil cetakannya, jika belum sesuai periksa kembali isian pada setting – nya.

Untuk mencetak ukuran lainnya, seperti mencetak dengan ukuran kertas 1 meter atau lebih pada Document Size pilih User Defined kemudian atur sesuai keinginan.

Demikian artikel Cara Setting Ukuran Kertas Folio atau F4 di Printer secaran Permanen ini dibuat, semoga bisa bekerja lebih efektif dan efisien.

Bagi ke : facebook twitter linkedin pinterest whatapps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.