Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc

Medali biasa dipakai pada saat wisuda, baik itu wisuda perguruan tinggi, SMA, SMP, SD, bahkan sampai PAUD. Selain dipakai pada saat wisuda medali juga sering digunakan sebagai tanda kejuaraan perlombaan maupun olah raga. Jenis dari medali banyak macamnya, ada dari bahan PVC (seperti ID Card), acrilyc, tembaga, kuningan, perak, perunggu bahkan emas.

Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan bagaimana Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc ?. Acrilyc secara umum masyarakat mengenalnya dengan nama MIKA secara visual dapat dijelaskan bentuknya seperti plastik, tebal dan kaku. Acrilyc ini tersedia berbagai macam warna seperti : bening, putih, biru, kuning, merah, putih dll.

Baik, mari menuju pokok bahasan yaitu bagaimana cara membuat medali wisuda dari bahan acrilyc. Cukup mudah dan simpel cara membuatanya, mari ikuti langkah-langkah pembuatannya seperti di bawah ini.

Bahan diperlukan :

  1. Double Tape / lem perekat adhesive  (ini digunakan untuk medote tempel gambar).
  2. Lembaran acrilyc (ukuran dan ketebalan sesuai kebutuhan)
  3. Gambar untuk ditempel (bisa dari bahan PVC, sticker, kertas foto dll
  4. Tali untuk gantungan medali
  5. Ring kecil untuk mengaitkan tali dengan medali

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Komputer dan printer (untuk merancang dan mencetak gambar)
  2. Gergaji untuk memotong acrilyc, biasanya dipakai gergaji triplek tetapi mata gergajinya menggunakan mata gergaji khusus acrilyc.
  3. Mor kecil
  4. Meja kerja

Pada pembahasan kali ini adalah cara membuat medali wisuda dari bahan acrilyc dengan metode tempel gambar.

Sebelum memulai pembuatan medali ini, siapkan dulu design atau rancangan gambar, atur design serapi dan secantik mungkin sehingga tampilan menarik dan ukuran diatur agar dapat menghemat bahan. Salah satu contoh design medali wisuda adalah seperti gambar di bawah ini.

Contoh medali

Kemudian atur tata letaknya agar pemakaian bahannya seefisien mungkin. Setelah ketemu tata letak paling hemat, kemudian tentukan lebar dan panjang bahan acrilycnya.

Contoh design Medali Wisuda

Cara mencetaknya juga bisa berbagai cara : digital print di sticker transparant, sticker vinyl, digital print di bahan ID Card, eching, atau disablon. Pastikan bahwa hasil print out posisi mirror kecuali untuk bahan sticker vinyl.

Contoh cara design Medali Wisuda

Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc

Apabila pembuatannya dengan bahan ID Card dan PVC-nya. Proses pembuatannya sama seperti pembuatan ID Card, bedanya kalau ID Card umumnya 2 muka kalau cara ini cukup 1 muka. Kemudian press dengan mesin laminasi.

Setelah siap, tempel bagian belakang dengan menggunakan double tape, perhatikan menempelnya harus rata dan rapat untuk hasil baik.

Siapkan acrilyc dengan ketebalan sesuai kebutuhan misalnya 2 mm atau 3 mm atau lainnya. Lepas kertas anti goresnya atau pelindungnya 1 muka saja jangan keduanya, tempelkan dengan hati-hati bahan yang sudah diberi double tape tadi.

Proses selanjutnya adalah pemotongan. Pemotongan menggunakan gergaji triplek dengan mata gergaji khusus untuk acrilyc, gergaji dengan hati-hati dan rapi kemudian beri lubang dengan menggunakan bor untuk tempat tali gantungan.

Contoh Medali Wisuda Sekolah

Terakhir adalah pemasangan tali medali. Tali medali dapat membuat sendiri atau beli yang sudah jadi (sudah dijahit dan ada ring kawat-nya).

Contoh Medali Wisuda Madrasah Ibtidaiyah

Jangan ketinggalan, baca juga :  Percetakan terdekat