Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc

Medali umum dipakai saat wisuda perguruan tinggi, sekolah-sekolah, bahkan sampai PAUD. Bagaimana Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc ?. Cukup sederhana dan mudah dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Bahan dasar medali itu bermacam-macam, antara lain : tembaga, stainless, acrilyc atau mika, kuninga dll. Namun dalam artikel ini penulis akan sampaikan khusus bagaimana Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc.

Sebelum pembuatan siapkan dulu designnya, ataur designnya serapi mungkin sehingga dapat menghemat bahan. Contoh design medalinya adalah seperti gambar di bawah ini.

Contoh medali

Kemudian atur tata letaknya agar pemakaian bahannya seefisien mungkin. Setelah ketemu tata letak paling hemat, kemudian tentukan lebar dan panjang bahan acrilycnya.

Contoh design Medali Wisuda

Cara mencetaknya juga bisa berbagai cara : digital print di sticker transparant, sticker vinyl, digital print di bahan ID Card, eching, atau disablon. Pastikan bahwa hasil print out posisi mirror kecuali untuk bahan sticker vinyl.

Contoh cara design Medali Wisuda

Cara membuat Medali wisuda dari bahan acrilyc dibawah ini adalah untuk proses pembuatannya dengan digital print dari bahan ID Card (bisa dengan PVC-nya atau tanpa PVC).

Apabila pembuatannya dengan bahan ID Card dan PVC-nya. Proses pembuatannya sama seperti pembuatan ID Card, bedanya kalau ID Card umumnya 2 muka kalau cara ini cukup 1 muka. Kemudian press dengan mesin laminasi.

Setelah siap, tempel bagian belakang dengan menggunakan double tape, perhatikan menempelnya harus rata dan rapat untuk hasil baik.

Siapkan acrilyc dengan ketebalan sesuai kebutuhan misalnya 2mm atau 3 mm atau lainnya. Lepas kertas anti goresnya atau pelindungnya 1 muka saja jangan keduanya, tempelkan dengan hati-hati bahan yang sudah diberi double tape tadi.

Proses selanjutnya adalah pemotongan. Pemotongan menggunakan gergaji triplek dengan mata gergaji khusus untuk acrilyc, gergaji dengan hati-hati dan rapi kemudian beri lubang dengan menggunakan bor untuk tempat tali gantungan.

Contoh Medali Wisuda Sekolah

Terakhir adalah pemasangan tali medali. Tali medali dapat membuat sendiri atau beli yang sudah jadi (sudah dijahit dan ada ring kawat-nya).

Contoh Medali Wisuda Madrasah Ibtidaiyah

Jangan ketinggalan, baca juga :  Contoh Formulir Perusahaan