Cara Membuat ID Card di Microsoft Word

Kenapa mencetak ID card kepada orang lain kalau kita sendiri bisa mengoperasikan microsoft word ?. Microsoft word adalah merupakan pengolah kata paling populer di dunia. Karenanya software tersebut banyak sekali penggunanya atau banyak sekali orang bisa mengoperasikannya mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan karyawati sampai ibu – ibu kader desa ataupun PKK.

Pengolah kata kok digunakan untuk desain ID Card, apakah bisa ?.

Microsoft word juga bisa untuk membuat ID card, kalau kita bisa mengoperasikannya kenapa tidak membuat sendiri saja supaya kita bebas berkreasi, meningkatkan kemampuan kita dalam menggunakan microsoft word. Akan lebih bangga apabila ID Card yang digunakan di lingkungan kita dalam acara tertentu misalnya untuk panitia hajatan, atau acara lain dengan pembentukan panitia adalah karya kita.

ID Card merupakan salah satu produk cetakan (biasanya diproduksi oleh para pengusaha percetakan). Ukuran ID Card di Indonesia umumnya adalah 54 X 86 mm atau 5,4 X 8,6 cm. Pada saat pemotongan apabila ukuran desainnya dibuat sama persis seperti ukuran ID Card biasanya akan mengalami kesulitan. Untuk menghindari kesulitan pada saat pemotongan perlu ditambahkan pada setiap sisi pinggirnya 1 atau 2 mm. Pada Contoh ini setiap pinggirnya ditambah 1 mm, kanan tambah 1, kiri tambah 1 mm. Jadi total lebar adalah lebar ID Card + 2 mm yaitu 54 + 2 mm = 56 mm. Begitu juga dengan bagian atas dan bawah menjadi 86 + 2 mm = 88 mm. Sehingga nanti pada waktu desain page setup dibuat menjadi (54+2) X (86+2) mm atau 56 X 88 mm.

Cara Membuat ID Card di Microsoft Word, pasti bisa

Bagaimana cara membuat ID Card di microsoft word ?. Di bawah ini penulis menjelaskan dengan rinci dari awal atau desain hingga akhir pencetakan supaya dengan membaca artikel ini pembaca bisa mempraktikkan dengan mudah dan berhasil.

  • Menyiapkan draft atau konsep.
  • Konsep ini penting agar pekerjaan selanjutnya akan tersusun, terarah dengan rapi.
  • Konsep bisa dibuat dengan coretan-coretan dengan pulpen atau pinsil di atas kertas berguna untuk memvisualisasikan ide-ide rancangan ID Card. Kebanyakan kasus tanpa konsep, setelah jadi akan merasa tidak puas dan direvisi atau dirubah lagi desainnya.
  • Konsep sebelum melangalh lebih lanjut yaitu desain perlu direview. Artinya setelah selesai membuat konsep di atas kertas kemudian dilihat, dipandang kira-kira sudah sesuai atau perlu dirubah.
  • Setelah konsep dianggap siap atau selesai, lanjut ke langkah berikutnya seperti di bawah ini.
Draft ID Card
  • Setelah konsep siap pekerjaan selanjutnya adalah mengumpulkan data – data yang akan digunakan dalam ID Card tersebut, misalnya, kop atau judul ID Card, logo bila diperlukan, background, nama – nama, foto, dan data lainnya yang akan digunakan disiapkan semua.
  • Lanjut pekerjaan cara membuat ID Card di microsoft word selanjutnya setelah konsep dan data – data sudah siap adalah membuka aplikasi microsoft word, buat file baru caranya : klik File kemudian klik New  atau Ctrl + N kemudian klik Blank Document kemudian klik Create, maka akan tampil halaman baru masih kosong.
Membuat file baru
  • Atur ukuran dan tata letak halaman caranya dengan klik Page Layot, klik Size, klik More Paper Size. Pada tab Paper isi kolom widht 56 mm dan kolom Heigth dengan 88 mm. Pada tab Margins, isikan kolom margin Left, Right, Top dan Bottom dengan angka 0 (nol) semua dan Orientation klik Portrait kemudian klik OK.
Jangan ketinggalan, baca juga :  Contoh Formulir Perusahaan
  • Masukkan gambar backgrond, caranya : klik Insert, klik Picture kemudian pilih gambar background dan klik Insert. Jika ada kesulitan untuk memposisikan gambar caranya : klik kanan pada gambar, klik Wrap Text, klik Through kemudian posisikan sesuai keinginan.
Tambahkan background
  • Mengatur ukuran background sama seperti ukuran halaman yaitu 56 X 88 mm caranya : klik kanan pada gambar, klik Size and Position, matikan centang pada kotak Lock Aspec Ratio kemudian ganti ukurannya Height menjadi 88 mm dan  Weight 56  mm kemudian klik OK.
Mengatur ukuran background
  • Tambahkan logo jika diperlukan, caranya sama seperti langkah nomor 5, letakkan pada posisi sesuai selera.
  • Tambahkan nama perusahaan atau nama organisasi atau nama komunitas. Caranya : klik Insert, klik Text Box, klik Draw Text Box kemudian klik dan tahan terus sampai ukuran sesuai keinginan baru dilepas, lalu ketik isinya (nama perusahaan, organisasi atau lainnya).
Menambahkan data pemegang kartu
  • Tambahkan foto pemegang/pemilik ID Card, caranya sama juga seperti langkah nomor 5, letakkan pada posisi sesuai selera.
Menyisipkan dan mengatur ukuran foto
  • Menambahkan data – data pemilik kartu seperti : Nama, Bagian, NIK atau sesuai keinginan, ingin dicantumkan data apa saja. Caranya sama seperti langkah nomor 8.
  • Setelah semuanya terisi, atur jenis dan ukuran font agar terlihat lebih rapi dan menarik. Jangan lupa disimpan dengan cara tekan Ctrl + S atau File -> Save. Pilih direktori tempat menyimpan kemudian beri nama file dan klik OK.
  • ID Card hasil dari Cara Membuat ID Card di Microsoft Word sudah siap untuk dicetak atau diprint. Pilih menu File -> Print atau Ctrl + P kemudian atur tujuan printer, atur kuatitas cetak, ukuran kertas atus menjadi A4 dan seterusnya seperti mencetak biasa.
Mencetak ID Card

Pertanyaannya : Bagaimana kalau ingin mencetak 1 halaman berisi penuh ?

Untuk ukuran bahan ID Card yaitu 20 X 30 cm bisa memuat 10 ID Card, begitu juga untuk kertas ukuran A4 dan F4 (biasa disebut kertas ukuran folio). Tinggal melanjutkan saja langkah-lahkah penjelasan di atas hanya sedikit tambahan yaitu :

  • Pilih semua gambar atau objek dengan cara klik salah satu objek kemudian tahan tombol Shift dan klik semua objek yang akan dicopy. Setelah semua objek terpilih, klik kanan pilih Group -> Group.
Membuat group objek
  • Objek hasil group dicopy sebanyak 10 pcs dalam 1 lembar caranya : pilih objek kemudian tahan tombol kiri moue + tombol Ctrl + Shift dan gerakkan mouse ke tempat tujuan copy lalu lepas mouse. Oh iya, fungsi menahan tombol kiri mouse + tombol Ctrl adalah untuk meng-copy, sedangka tombol Shift nya untuk menjaga agar tetap lurus. Bisa lurus ke kanan atau kiri dan lurus ke atas atau bawah.
Copy penuh halaman
  • Setelah semua dicopy dan dirapihkan posisinya kemudian matikan group caranya : pilih semua object, klik kanan Group -> Ungroup.
  • Ganti semua data dan foto sesuai keinginan. Setelah semua diganti langkah selanjutnya tinggal cetak seperti cara cetak biasa.

Selain cara ini, juga ada cara lain untuk membuat produk ID Card dengan hasil akhir sama, seperti dengan menggunakan software Corel Draw, Adope Ilustrator, Xara, Freehand, dll. Penulis memilih artikel seperti ini karena perkiraan penulis cara ini adalah cara paling simple dan mudah dipahami.

Sekian penjelasan bagaimana Cara Membuat ID Card di Microsoft Word, semoga bermanfaat pembaca sekalian. Kalau ingin bertanya atau menyampaikan kritik dan saran, silahkan mengisi pada kolom komentar. Pertanyaan, kritik dan saran semoga dapat menyempurnakan artikel ini. Untuk mengetahui artikel – artikel lainnya pada website ini silahkan ketik artikel pada kolom pencarian (icon kaca pembesar/loop).

Jangan ketinggalan, baca juga :  Proses percetakan offset

Syaiful

Pemilik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.