Website Hosting

Pengenalan Website Hosting

Apakah Website Hosting itu …..

Seperti penjelasan artikel sebelumnya bahwa untuk menyalakan atau menghidupkan DOMAIN NAME diperlukan Hosting atau website hosting yaitu jasa layanan internet penyedia server-server untuk disewakan sehingga organisasi atau individu dapat menempatkan informasi produk atau jasa di internet sehingga dapat diakses atau dilihat masyarakat umum.

Ada beberapa jenis layanan website hosting antara lain :

Shared hosting adalah penggunaan server hosting bersama sama dengan pengguna lain. Jadi satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain.

Virtual Private Server (VSP) atau dikenal juga Virtual Dedicated Server merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi dapat berjalan diatas sistem operasi lain.

Dedicated Server adalah penggunaan server dikhususkan untuk aplikasi lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting, biasanya bekerja sama dengan vendor.

Colocation Server adalah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan, biasanya bekerja sama dengan vendor.

Apakah semua orang membutuhkan Web Hosting

Setiap orang individu, organisasi ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi pada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif handal untuk: media promosi produk atau jasa, menyebarkan Informasi atau berita, berdagang atau berbisnis, layanan umum, berkomunikasi/berdiskusi dengan pelanggan atau orang lain sampai dengan tempat untuk curhat dan banyak sekali hal lain dapat ditempatkan pada website

Website Hosting

Mengapa Perlu Web Hosting

Keberhasilan bisnis perorangan atau organisasi salah satu tolok ukurnya adalah kemampuan kecepatan untuk menyebarkan informasi tentang produk, jasa, layanan publik dan lainnya, dan kepada masyarakat sehingga semua usahanya dikenal masyarakat. Setelah dikenal barulah ada kemungkinan untuk membeli. Tidak kenal maka tidak mungkin membeli.

Banyak sekali contoh kesuksesan bisnis dari internet. Mulai mereka menjual produk, menjual jasa, menjual informasi, menjual produk orang lain, menjual desain dll. Mengapa mereka sukses, karena segala apa ditempatkan pada web hosting pada hari ini, maka hari ini juga seluruh dunia sudah dapat membukanya. Kesimpulannya bahwa kecepatan penyebaran informasi melalui web hosting sudah tidak diragukan lagi.

Kapan website hosting dibutuhkan

Setiap individu atau oraganisasi pasti berusaha semaksimal mungkin untuk memperkenalkan usahanya kepada masyarakat. Baik melalui iklan baris di media cetak, radio, televisi, spanduk, brosur atau media iklan lainnya. Kalau ingin berpromosi dengan wilayah lebih luas melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, maka disaat itulah kita sudah membutuhkan website hosting. Setelah meng-hosting-kan domain name kita, maka saat itu pula informasi kita tempatkan diwebsite langsung dapat dibaca cari semua lokasi di seluruh dunia.

Dimana menyewa Web Hosting

Menyewa web hosting kira-kira mirip dengan menyewa tempat atau rumah. Banyak sekali penyedia jasa web hosting, ribuan atau bahkan jutaan. Untuk menghidupkan nama domain kita, dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia, cari dengan memasukkan kata jasa web hosting, jasa hosting, website hosting atau lainnya berhubungan dengan hosting. Setelah muncul beberapa nama tentulah ada pertanyaan lagi mana harus saya pilih.

Mana memiliki dedicated web hosting bagus, siap melayani setiap saat saat kita membutuhkan bantuan, berkecepatan tinggi, anti spam dll. Untuk itu perlu dikomunikasikan dengan orang lain lebih senior mengenai web hosting ini.

Berapa harga Web Hosting

Dari sekian banyak penyedia web hosting saling berlomba untuk mencapatkan pembeli sebanyak-banyaknya. Ada bermain di harga, lebih murah dari lainnya (menurut pemilik penyedia jasa web hosting), ada bermain kecepatan, kapasitas atau lainnya.

Semua akan menjanjikan pelayanan paling baik, harga paling murah dsb. Selama fasilitas disewa sama, kurang lebih harganyapun gak beda jauh. Kisaran beli domain name atara 70.000 s.d 500.000 per tahun. Untuk web hosting sekitar 100 s.d 750.000 pertahun (harga tahun 2008). Harga tersebut sangat tergantung pada seberapa banyak fasilitas atau opsi disewa. Semakin banyak fasilitas diinginkan maka tentulah semakin besar harganya.

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.