Sejarah Komputer, Jaman Dulu Hingga Sekarang

Pengenalan Komputer

Mungkin diantara pembaca ingin mengetahui bagaimana sejarah komputer, jaman dulu hingga sekarang, dalam artikel ini saya membahas pengetahuan tentang sejarah komputer, jaman dulu hingga sekarang.

Komputer adalah alat atau instrument perangkat keras / hard ware, dipakai untuk segala macam keperluan (= tergantung program terinstall) dengan perintah digital, peritntah program buatan programmer.

Kata “computer” pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang dimana perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu.

Disebut komputer secara umum memiliki tiga bentuk fisik utama yaitu monitor, CPU dan Key Board. Fungsi dari ketiganya juga berbeda-beda.

– Monitor berfungsi display atau untuk melihat input/output komputer.
– CPU (Central Processing Unit) bertugas untuk menjalankan perintah berdasarkan input, jika perintah kita salah maka hasil pengolahan komputer juga akan salah.
– Key Board berfungsi untuk memberikan perintah ke komputer (input).

I/O port membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).

Ada berbagai macam alat I/O, paling banyak dikenal oleh masyarakat antara lain : keyboard, monitor, printer, disk drive, hard drive, mouse, flash disk.

Printer juga merupakan salah satu I/O berfungsi untuk mentrasfer data atau informasi ke media cetak. Media cetak dapat berupa kertas, Plastik, Kain dll. I/O lainnya adalah scanner berfungsi untuk mengcopy paste sebuah media untuk dicetak atau disimpan dalam bentuk file.

Perkembangan komputer

Sebelum tahun 1940-an komputer generasi pertama dengan komponen tabung vakum mempunyai ukuran sangat besar, menurut sejarah computer ukurannya kurang lebih 167 meter persegi. Teknologi semakin berkembang dan lahirlah komputer digital menggunakan arsitektur Von Neumann, diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.

Pada tahun 1987 saya masih menggunakan komputer XT-8086 dengan kecepatan prosessor 4.7 Mega Bite, 640 KB ram memory dengan hard disk berkapasitas 20 – 40 Mega Bite. Kemudian meningkat menjadi XT-8286 dengan kecepatan 12 Mega Bite, berikutnya berkembang AT-8286 dengan kecepatan 20 mega dengan hard disk belum begitu banyak perubahan. System operasinya masih menggunakan DOS dengan disket ukuran 5 inch.

Tahun 1990 mulai menggunakan prosessor 386, sudah menggunakan windos 3.1 kemudian 486 dan seterusnya sampai sekarang perubahan speed sangat drastis. Kalau waktu jaman penggunaan sistem operasi DOS, untuk pengolah kata menggunakan Word Star, untuk pengolah tabel menggunakan Lotus 123 atau Form Tool.

Dengan perkembangan teknologi digital dan kebutuhan pengguna komputer sebelumnya berfungsi sebagai pengolah informasi berhubungan dengan masalah aritmatika, secara pesat berkembang menjadi komputer modern, dapat dipakai untuk banyak tugas selain aritmatika. Para pengguna komputer jaman sekarang digunakan banyak hal selain pengolah data dan masalah aritmatika seperti : menggambar, melukis, merekam, menonton tv, video player, komunikasi jarak jauh dsb.

Teknologi komputer pada sekitar 20 tahun terakhir dikembangkan untuk peralatan lainnya seperti permainan video, telepon genggam, radio digital, jam digital, PDA, VCD player/recorder, DVD player / recorder dan masih banyak lagi perangkat lainnya hasil pengembangan komputer ini.

Kecepatan komputer

Kecepatan pengolahan komputer sangat dipengaruhi oleh speed prosessor komputer dan besar kapasitas memory terpasang pada komputer. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Semakin besar memori dipasang di komputer maka kita juga lebih leluasa untuk berkerja di depan komputer. Karena kecepatan sudah cukup tinggi sehingga tidak sering menunggu waktu proses pengolahan oleh komputer. Tetapi kalau prosessor dan memory kita pasang kecil, maka sudah tentu kerja komputer menjadi lambat.

Program komputer

Program komputer adalah kumpulan perintah menggunakan bahasa program sesuai aplikasi digunakan untuk proses oleh komputer. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu Personal computer (PC) modern umum bisa melakukan sekitar 1-4 milyar perintah dalam sedetik, biasa kita kenal dengan speed processor.

Semakin komplek data diolah di komputer, maka diperlukan speed processor semakin tinggi dan kapasitas memori semakin besar. Program video editor, entertainer, graphic design atau sejenisnya membutuhkan speed tinggi dan memory besar.

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.