Sejarah komputer dengan tabung vakum

Vacuum Tube

sejarah komputer dengan tabung vakum

Sejarah komputer dengan tabung vakum atau Vacuum Tube (tahun 1875 pertama kali dikembangkan) adalah perangkat yang digunakan dalam rangkaian elektronik untuk mengontrol aliran elektron. Sebuah vacuum tube biasanya terdiri dari dua atau lebih elektroda tertutup dalam kaca atau logam-keramik. Selama periode ini, itu adalah teknologi dasar yang digunakan. Ukuran Vacuum Tube ini berdiameter sekitar 2,5 cm atau lebih dan tinggi sekitar 6 cm atau lebih tergantung pada sedikit banyaknya rangkaian didalamnya.

Masalah dengan vacuum tube adalah bahwa ukuran besar, mahal, rapuh, rentan terhadap kerusakan dan cepat panas, membutuhkan daya listrik besar, karenanya hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa komputer generasi pertama, langka dan sangat mahal di tahun 1950-an.

Komputer generasi 1 dengan vacuum tube “ENIAC”, ukurannya sangat besar. karena terdapat 17.468 vacuum tube, 70.000 resistor, 10.000 kapasitor, 1.500 relay, 6.000 switch manual dan 5 juta titik solder. Menutupi 167 meter persegi luas lantai, beratnya 30 ton, kebutuhan daya 160 kilowatt tenaga listrik.

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.