Bulan suci Ramadhan | bulan mulia

Puasa Ramadhan

Sesuai namanya Puasa Ramadhan dilaksanakan pada setiap bulan suci Ramadhan, Merupakan Rukun Islam ke 3. Di dalam bulan suci Ramadhan terdapat berbagai kemuliaan, bulan penuh barokah, bulan penuh rahmah dan bulan penuh maghfirah atau bulan penuh ampunan sehingga biasa bulan Ramadhan disebut bulan mulia. Dan di bulan ini pula Allah -ta’ala- melipat gandakan pahala setiap hamba beribadah.

Maka sambutlah kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan karena di bulan Ramadhan ini waktu sangat tepat untuk merenung, ber-i’tikaf, memperbanyak amalah shaleh. Hukum puasa dalam bulan ramadhan adalah FARDLU AIN kewajiban perorangan atau pribadi masing-masing tidak dapat diwakilkan.

Karena mulianya bulan ramadhan dan pentingnya bagi umat Islam sehingga Allah -ta’ala- berfirman dalam Al-ur’anul karim Surat Al-Baqarah ayat 183 artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Di Dalam pertengahan bulan Ramadhan ini ini juga diturunkan-Nya Firman Allah -ta’ala- (Al-Qur’an), pertama sebagai pedoman hidup manusia, sebagai petunjuk manusia didalamnya terdapat berbagai penjelasan sebagaimana telah disebutkan dalam firman Allah SWT dalam Al-Quran Al-Karim surat Al-Baqarah ayat 185 artinya : ” (Beberapa hari telah ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara hak dan bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari ditinggalkannya itu, pada hari-hari lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS Al-Baqoroh : 185)

Di dalam bulan Ramadhan ini juga terdapat satu malam senilai atau setara dengan seribu bulan atau disebut malam seribu bulan atau malam LAILATUL QADR sebagaimana telah disebutkan dalam firman Allah -ta’ala- dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr artinya sbb :

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan ( Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr yaitu suatu malam penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

2. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan (malam LAILATUL QADR itu?

3. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

4. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

5. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi diri saya pribadi dan pembaca semuanya. amin

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.