Mesin Percetakan, Rekam Master, Expose Plate

Proses Percetakan

Rekam Master

Mesin percetakan, rekam master dan expose plate adalah merupakan beberapa contoh proses atau alur produksi dalam bidang percetakan.

Setelah desain produk cetakan selesai maka dilakukan rekam master untuk proses percetakan sederhana seperti formulir, kartu undangan sederhana, kartu stock, kop surat dll. Rekam master ini digunakan untuk warna-warna solid/block, text, raster. Sedangkan untuk proses cetak separasi, setelah desain selesai perlu di print out film untuk kemudian di ekspose plat.

Mesin Rekam Master
Mesin Rekam Master

Proses Cetak

Setelah menjadi master atau plat, maka sudah siap untuk dilakukan proses cetak pada mesin cetak sesuai dengan klasifikasi yang diinginkan. Untuk proses cetak warna-warna solid/block, text, raster ukuran A4/Folio/Kwarto/Letter digunakan mesin ukuran folio.

Mesin Cetak Hamada Folio

Mesin Cetak untuk ukuran F4/Folio/A4/Kwarto/Letter

Untuk proses cetak dengan ukuran lebih besar, diperlukan mesin cetak dengan kemampuan cetak yang lebih besar pula. Selain kemampuan ukuran cetak lebih besar mesin ini hasil cetakannya juga lebih halus sehingga sudah sesuai untuk mencetak separasi.

Mesin Cetak Oliver
Mesin cetak Oliver 52.

Pada produk-produk cetakan tertentu seperti packaging, hang tag, kartu undangan motif sering kali membutuhkan finishing untuk bentuk khusus. Produk cetakan sejenis ini membutuhkan proses Pond maksudnya setelah diproses dengan mesin ini hasilnya langsung terpotong sesuai bentuk design yang diinginkan.

Mesin Pond
Mesin Pond.

Untuk finising potongan lurus seperti formulir-formulir, kartu stock, brosur atau sejenis lainnya tidak memerlukan proses pond, tetapi langsung dipotong untuk merapihkan, atau membelah atau membagi menjadi sama besar ukuran potongannya.

Mesin Potong Kertas
Mesin Potong Kertas

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.