Pengertian domain

Pengenalan DOMAIN

Apa itu Domain

Domain banyak didefinikan secara berbeda, ada pendapat bahwa ” domain ” adalah serangkaian huruf membentuk kata serta memiliki arti sebagai alamat sebuah website di internet disebut nama domain. Kalau menurut saya pengertian domain adalah sebuah alamat utama sebuah website atau situs dalam bahasa internet disebut sebagai top level domain.

Lebih mudahnya di dalam kehidupan sehari-hari PENGERTIAN DOMAIN adalah bangunan atau gedung sebuah warung, toko, mini market, waserda atau lainnya (sebuah bangunan). Nah tentulah setiap domain pastilah mempunyai sebuah nama dan alamat yakni domain name. Pemilik domain name tadi ada didalam domain itu. Semua orang tidak pernah tahu, sedang apa pemilik domain tadi. Sedang tidur, sedang bersih-bersih, sedang dekorasi atau sedang melakukan kegiatan lainnya.

Masyarakat luar tidak mengetahui domain seseorang berisi apa sebelum masyarakat tersebut masuk ke domain name tersebut atau bangunan itu dan melihat atau membaca isinya. Untuk memperkenalkan domain name ke masyarakat luas untuk mengetahui apa isi didalam domain tadi diperlukan pembukaan, persesmian dsb dalam bahasa internet disebut website hosting atau web hosting. Contoh nama domain http://www.ilmukomputer.com/ maka isi didalam domain tersebut sebaiknya membahas segala sesuatu berhubungan dengan ilmu komputer.

Namun ada juga nama domain berfungsi untuk memperkenalkan merek atau brand sebuah usaha atau produk seperti http://www.rijickcipta.com, http://www.google.co.id, http://www.yahoo.co.id dsb. Nama domain “RIJICKCIPTA, “GOOGLE” atau“YAHOO” adalah mencerminkan nama perusahaannya, bukan nama produk atau isi domain tersebut.

Nama domain dari sebuah situs/website adalah tunggal (hanya ada satu di dunia ini), jadi tidak mungkin ada nama domain sama/kembar. Kalau pemilik http://www.rijickcipta.com adalah Syaiful Thohir, maka tidak mungkin ada orang lain di dunia ini memiliki nama domain sama seperti milik Syaiful Thohir dengan nama domain http://www.rijickcipta.com. Maka sebaiknya memilih atau memberi nama domain itu harus mudah diingat dan singkat.

Seperti penjelasan diatas “DOMAIN” ibarat bangunan warung, toko atau lainnya. Dan “NAMA DOMAIN” adalah merek atau nama warung, toko atau lainnya. Maka perlu ada isi, biasa disebut “content” sebuah website atau situs. Content dapat berisi tulisan, gambar atau foto, suara atau audio, video dll.

Format dari masing masing content-pun bermacam-macam. Untuk content tulisan atau naskah ada txt, html, php, doc, csv dll. Untuk content gambar ada gif, jpg, bmp, swf, png dll. Untuk content suara ada wav, mp3 dll. Untuk video ada avi, mav, mp4 dsb. Pilihlah berdasarkan besar file, ketajaman gambar, banyaknya opsi dapat dipilih dsb.

Dimana tempat mendaftarkan domain name

Banyak situs atau website penyedia jasa pendaftaran domain. Untuk mencarinya salah satu caraya adalah melakukan search atau perncarian di GOOGLE atau di YAHOO atau lainnya dengan memasukkan kata domain server atau register domain. Kalau untuk mencari harga domain name murah tinggal menambahkan register domain murah atau domain murah

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.