Belajar agama Islam

Rukun Islam

Mengapa harus belajar agama Islam, Karena agama Islam adalah agama dengan kitabnya (Al-Qur’an) dijaga keasliannya oleh Allah SWT sampai hari kiamat nanti. Untuk menjadi seorang Islam haruslah mengamalkan Rukun Islam.

Rukun Islam artinya : Suatu perbuatan atau tindakan dan harus dilakukan oleh setiap pribadi umat Islam, apabila salah satu atau beberapa rukun Islam tidak dikerjakan niscaya agamanya kurang kokoh, kurang utuh atau kurang sempurna.

Rukun Islam terdiri atas lima perkara yaitu :
1. Mengucapkan dua kalimat syahadat
2. Mengerjakan shalat 5 waktu
3. Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan
4. Membayar Zakat
5. Menunaikan ibadah Haji

Setiap pribadi orang Islam harus mengerjakan Rukun Islam secara berurutan mulai dari no. 1 s/d no. 5. Tidak boleh di bolak-balik. Orang Islam laki-laki disebut Muslimin dan orang Islam perempuan disebut Muslimat.

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat

Setiap seseorang akan menganut agama Islam diwajibkan untuk mengucapkan DUA KALIMAT SYAHADAT. Dua kalimat syahadat berisi tentang¬† sumpah atau pengakuan pribadi seseorang terhadap Allah -ta’ala- dan Rasulullah Muhammad S.A.W.

Disebut DUA KALIMAT SYAHADAT karena didalamnya terdiri dari dua sumpah atau dua pengakuan dan harus dibaca berurutan, tidak boleh dibolak-balik. Pertama disebut SYAHADAT TAUHID artinya aku bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah”. Kedua disebut SYAHADAT RASUL artinya aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul/utusan Allah -ta’ala”. Jadi Dua kalimat syahadat atau syahadatain arti selengkapnya adalah “Aku bersakti tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan/rasul Allah”.

2. Mengerjakan shalat 5 waktu

Shalat lima waktu adalah shalat lima kali sehari semalam dengan waktu pelaksanaan telah ditentukan. Shalat 5 waktu hukumnya¬† “Fardhu ‘Ain”, yakni wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim dan muslimat sudah baligh atau dewasa.

Shalat lima waktu terdiri dari : Isya’, Subuh, Dzuhur, Ashar dan Maghrib

3. Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan
Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh).

4. Membayar Zakat
Membayar zakat hukumnya wajib bagi setiap umat Islam serta sudah memenuhi persyaratan tertentu. Pengertian zakat

5. Menunaikan ibadah Haji
Menunaikan ibadah Haji juga wajib hukumnya bagi setiap Islam apabila mampu serta memenuhi persyaratan tertentu.

Syaiful

Percetakan Bagus dan Murah di Serang, Cikande Permai berawal dari hand printing atau sablon. Dengan bertambahnya pelanggan mulailah sedikit demi sedikit beralih menggunakan mesin cetak, namun tetap tidak meninggalkan sablon.